Kamis, 17 Mei 2012

TIPS SNMPTN (Ujian Tertulis)

Mungkin adik2 kita di SMA sudah merasa sedikit lega setelah mengikuti UAN beberapa saat lalu. Tinggal menunggu hasilnya lulus atau tidak. Namun perjuangan adik-adik belum berakhir. Bagi adik-adik yang ingin melanjutkan pendidikan di PTN masih ada satu tahap seleksi lagi yang harus dihadapi. Salah satunya adalah SNMPTN (jalur tertulis).


Saya punya pengalaman SNMPTN (dulu namanya SPMB) yang lumayan banyak. Saya sudah mengikuti SNMPTN  sebanyak 3 kali dan 2 diantaranya lulus. Alhamdulillah saya sekarang sudah menyelesaikan pendidikan saya di PTN di fakultas favorit. :)
Oke langsung saja, saya akan membagikan sedikit tips dan trik dalam ujian SNMPTN.

1. Rajin belajar dan berdoa ( ini wajib)


2. Perbanyak bahas soal-soal yang lalu, terutama yang soal sejenis yang sering berulang. Karena kemungkinan soal sejenis itu akan keluar lagi pada SNMPTN mendatang.


3. Kalau bisa dan memungkinkan ikut bimbingan belajar alias bimbel karena kadang di bimbel kita diajari cara super cepat untuk menyelesaikan soal-soal tertentu, terutama yang hitung-hitungan. Btw, aku dulu tidak ikut kok. Jadi bimbel belum menjamin, namun bisa membantu. Bisa juga adik2 tanya saja cara cepat itu kepada teman2 yang ikut bimbel. Lumayan kan gratis..


4. Jaga fisik dan mental terutama menjelang dan saat ujian.


5. Saat mengerjakan soal, perhatikan sistem skornya. Waktu saya SPMB dulu untuk tiap jawaban yang benar nilainya 4, yang salah nilainya -1 dan jika tidak menjawab nilanya 0. HAL INI SANGAT PENTING!! Mengapa? Kita mengetahui bahwa soal SNMPTN adalah pilihan ganda (a,b,c,d,e). Berikut tips memilih jawaban:


* Untuk soal yang jawabannya diketahui dengan pasti dan yakin, langsung saja pilih.


* Untuk soal yang jawabannya blenk sama sekali (tidak ada salah satu pilihan antara a,b,c,d,e yang kita yakini) maka tidak usah dijawab (karena resiko nilainya-1, jika tidak dijawab nilainya 0)


* Nah, untuk soal-spal yang ragu2, maka kita perlu STRATEGI KHUSUS, yaitu:


- Jika di antara lima pilihan antara a,b,c,d,e adik2 sudah dapat menyingkirkan 3 pilihan yang pasti salah sehingga tertinggal 2 pilihan dimana adik2 bingung harus memilih yang mana di antara ke-2 pilihan tersebut, maka solusinya adalah WAJIB DIJAWAB atau pilihlah satu diantaranya (walaupun kita masih ragu). Alasannya adalah jika kita tidak menjawab maka sudah pasti nilainya 0. Sedangkan jika kita menebak di antara 2 pilihan tersebut, maka kemungkinan benarnya adalah 50% (setengah) dan kemungkinan salahnya juga 50%. Betul..?
Jadi dengan menggunakan probability (kemungkinan) tersebut maka nilai yang kemungkinan kita dapat adalah 2 (alias setengah dari nilai 4 untuk setiap jawaban yang benar). Jika kita salah, maka nilainya adalah -1. Toh, kemungkinan mendapatkan nilai masih lebih besar.


- Kemudian, jika di antara lima pilihan antara a,b,c,d,e adik2 sudah dapat menyingkirkan 2 pilihan yang pasti salah sehingga tertinggal 3 pilihan dimana adik2 bingung harus memilih yang mana di antara ke-3 pilihan tersebut, maka saran saya adalah jawablah atau pilihlah satu diantaranya (walaupun kita masih ragu). Alasannya adalah jika kita tidak menjawab maka sudah pasti nilainya 0. Sedangkan jika kita menebak di antara 3 pilihan tersebut, maka kemungkinan benarnya adalah 33,332% (sepertiga) dan kemungkinan salahnya adalah 66,66%.
Dengan menggunakan probability (kemungkinan) tersebut maka nilai yang kemungkinan kita dapat adalah 4/3 atau 1,33 (sepertiga dari nilai 4 untuk setiap jawaban yang benar). Nah, tentunya nilai 1,33 ini lebih baik dari pada tidak menjawab sama sekali sehingga nilainya 0. Jadi, walaupun kemungkinan salahnya (jawaban salah nilainya -1) lebih besar yaitu 66,66%, namun kemungkinan untuk mendapatkan nilai masih lebih besar. Bukankah selisih 1,33 dan -1 masih positif 0,33. Walaupun angka ini kecil, namun nilai ini masih lebih baik dibandingkan tidak menjawab sama sekali yang nilainya 0


- Sedangkan jika masih ada 4 pilihan yang harus kita pilih, maka kemungkinan nilai yang kita dapat adalah 1 (25%) dan jika salah nilainya 0. Saran saya, sebaiknya adik2 bijak dalam menentukan pilihan. tapi terserah adik2 saja. Kalau hitung2annya adik cari sendirlah.


Mungkin ini sedikit tips dari saya semoga membantu. Saya doakan adik2 yang membaca postingan saya ini lulus di fakultas dan PTN favorit. Aamiin..




by: fitgas
x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar